>> Beranda >> Berita >> Berita Foto Desain
Berita Foto Desain

Desain Kemasan
21 August 2013 06:42
Kunci utama untuk membuat sebuah desain kemasan yang baik adalah kemasan tersebut harus simple  (sederhana),fungsional dan menciptakan respons emosional positif yang secara tidak langsung "berkata", "Belilah saya." Kemasan harus dapat menarik perhatian secara visual, emosional dan rasional. Sebuah desain kemasan yang bagus memberikan sebuah nilai tambah terhadap produk yang dikemasnya.
Agar berhasil, maka penampilan sebuah kemasan harus mempunyai daya tarik. Daya tarik pada kemasan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu daya tarik visual (estetika) dan daya tarik praktis (fungsional)

1. Daya tarik visual (estetika)

Daya tarik visual mengacu pada penampilan kemasan yang mencakup unsur-unsur grafis yang telah disebutkan di atas. Semua unsur grafis tersebut dikombinasikan untuk menciptakan suatu kesan untuk memberikan daya tarik visual secara optimal. Daya tarik visual sendiri berhubungan dengan faktor emosi dan psikologis yang terletak pada bawah sadar manusia. Sebuah desain yang baik harus mampu mempengaruhi konsumen untuk memberikan respons positif tanpa disadarinya.

Sering terjadi konsumen membeli suatu produk yang tidak lebih baik dari produk lainnya walaupun harganya lebih mahal. Dalam hal ini dapat dipastikan bahwa terdapat daya tarik tertentu yang mempengaruhi konsumen secara psikologis tanpa disadarinya. Misalnya produk-produk sabun mandi yang pada umumnya memiliki komposisi yang tidak jauh berbeda. Tetapi produk sabun mandi yang dapat menampilkan kelembutan yang divisualkan dengan baik pada desain kemasannya, di antaranya menggunakan warna-warna lembut (pastel) dan merek dengan font Script
atau Italic (miring) dan memberikan kesan lembut dan anggun akan lebih banyak dipilih oleh konsumen. Visualisasi yang ditampilkan memberikan efek psikologis bahwa konsumen akan merasakan kulitnya lebih lembut setelah menggunakan sabun mandi tersebut.

2. Daya tarik praktis (fungsional)
Daya tarik praktis merupakan efektivitas dan efisiensi suatu kemasan yang ditujukan kepada konsumen maupun distributor. Misalnya, untuk kemudahan penyimpanan atau pemajangan produk. Beberapa daya tarik praktis lainnya yang perlu dipertimbangkan antara lain :
- Dapat melindungi produk
- Mudah dibuka atau ditutup kembali untuk disimpan
- Porsi yang sesuai untuk produk makanan/minuman
- Dapat digunakan kembali (reusable)
- Mudah dibawa, dijinjing atau dipegang
- Memudahkan pemakai untuk menghabiskan isinya dan mengisi kembali dengan
jenis produk yang dapat diisi ulang (refill)



◄ Kembali ◄            ◄ Kirim Ke Teman ◄            ◄ Cetak Print ◄

Konsultasi

Senin, 24 Juni 2019
    
Telepon :
Telp : 0811211387
Pin BB : 5A2675E4
WhatsApp : 0811211387

Alamat Studio :
Jl. Neptunus Raya Blok A 35 No.2 Margahayu Raya,
Kelurahan Margacinta, Kecamatan Buah Batu
Bandung

Email :info@fotodesain.com
Barcode

Form Pesanan

Kami akan menghubungi Anda
Nama * :
Negara * :
Propinsi * :
Kota :
Telp * :
E-mail :
Kategori * :
Budget * :
Keterangan * :
Verifikasi Kode * :
 Ket : Tanda * harus di isi.
Copyright © 2013 by fotodesain.com, Jasa Foto Desain. All Rights Reserved